Jumat, 08 Februari 2008

Tiga Jenis Makanan Rohani

Sebagaimana layaknya tubuh kita perlu makanan, maka sebagai orang percaya kerohanian kita juga perlu diberi makan. Setidaknya ada tiga jenis makanan rohani yang harus dimakan oleh orang-orang percaya agar kerohaniannya bertumbuh.

1. Firman Allah – Rhema
Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Matius 4:4)

Makanan rohani pertama yang harus dimakan adalah Firman yang keluar dari mulut Allah. Dalam bahasa aslinya kata firman yang dipakai adalah rhema, yang berarti firman yang fresh, hidup, bukan firman yang kita dengar minggu lalu atau tahun lalu, tetapi firman yang kita dengar saat ini, firman yang berbicara secara pribadi kepada kita.

Sebenarnya, inilah kunci kemenangan dalam kehidupan rohani kita, yaitu senantiasa mendapat rhema. Rhema-lah yang membuat Paulus bisa bertahan menghadapi segala macam tantangan untuk kemudian bersaksi di Roma (Kisah 23:11). Rhema-lah yang menghasilkan iman (Roma 10:17). Rhema­-lah yang mendorong kita untuk meminta dalam doa kita dan kemudian dikabulkan (Yohanes 15:7).

Bagaimana supaya kita penuh dengan rhema? Sediakan waktu untuk bersekutu dengan Tuhan. Biasakan memuji dan menyembahNya. Jagalah hubungan pribadi anda dengan Tuhan, maka Ia akan senantiasa memberikan tuntunanNya dan berbicara di hati kita.

2. Melakukan Kehendak Tuhan
Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.(Yohanes 4:34)
Tidak cukup kita hanya mendapat rhema. Kita perlu selalu melakukan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Setelah kita mendapat rhema, setelah kita mendengar Dia berbicara dan menyampaikan apa yang Dia ingin untuk kita lakukan, maka selanjutnya bagian kita adalah melaksanakannya. Pada waktu kita taat, pada waktu kita melakukan apa yang Dia perintahkan, maka kekuatan rohani kita akan bertambah.

3. Menghadapi Tantangan
Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka." - Bilangan 14:9
Makanan selanjutnya adalah tantangan atau masalah yang timbul karena melakukan kehendak Tuhan. Ada masalah-masalah yang timbul karena kesalahan atau dosa kita. Untuk hal ini, kita perlu bertobat dan minta ampun. Tetapi ada masalah atau persoalan yang muncul karena kita melakukan kehendak Tuhan. Jangan kita lari, tapi hadapi dan “telan habis” seperti yang dikatakan di Bilangan 14:9. Dalam terjemahan KJV dikatakan “they are bread for us”. Mereka cuma roti yang akan kita telan habis.
Seringkali, janji yang Tuhan berikan “mengandung masalah” yang harus dihadapi sebelum terealisasi dalam hidup kita. Karena itu, tetapkan dalam hati bahwa kita tidak akan mundur ketika menghadapi masalah saat sedang melakukan kehendak Tuhan. Jika kita setia melakukan bagian kita, maka Tuhan akan melakukan bagianNya sehingga apa yang Ia janjikan akan nyata dalam hidup kita. Tidak hanya itu, kerohanian kitapun akan semakin kuat ketika kita bersama Dia menghadapi masalah dan “menelan habis” semua tantangan yang ada di depan kita.

Tidak ada komentar: