Senin, 28 Januari 2008

Evaluasi dan Perencanaan

“Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.” - Mazmur 40:6

Sudahkah kita menghitung berkat Tuhan dalam tahun 2007? Bagaimana penyertaanNya dalam hidup kita? Raja Daud mengatakan, ”... terlalu besar jumlahnya untuk dihitung”. Ia menyadari betapa banyak yang Tuhan buat di dalam hidupnya.
Menyadari berkat-berkat Tuhan dalam hidup kita membuat kita semakin sadar akan penyertaanNya dan kasihNya bagi kita. Hal itu juga membuat kita berani untuk berharap akan penyertaanNya di tahun 2008, membuat kita berani untuk bermimpi, memiliki cita-cita, dan memiliki secret petitions. Mazmur 37:4 menjanjikan, ”dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu (secret petitions)”.
Selain menghitung berkat Tuhan, mengevaluasi apa saja yang telah kita lakukan dan terima di tahun 2007, melakukan perencanaan untuk tahun 2008 merupakan hal yang penting. Apa yang ingin Anda capai di tahun 2008? Buat target! Tetapkan sasaran! Set your goal! If you have no goal, you will go nowhere. Setelah itu, baru kita bisa membuat rencana untuk mecapai sasaran tersebut. If you fail to plan, you plan to fail. Gagal membuat rencana berarti merencanakan untuk gagal.
Ada beberapa cara untuk membuat evaluasi dan perencanaan. Di antaranya dengan membagi semua kegiatan kita ke dalam tujuh kelompok – 7F.

1. FAITH – Kehidupan Rohani
Bagaimana pertumbuhan rohani Anda di tahun 2007? Apa rencana Anda untuk tahun 2008? Apakah Anda ingin terlibat lebih banyak dalam pelayanan di gereja, ingin ikut kelompok pemahaman Alkitab, ingin ikut dalam acara rohani di daerah, ... atau hal lainnya? Mungkin Anda perlu menyediakan waktu 20 menit setiap pagi untuk berdoa dan membaca Alkitab.

2. FAMILY – Kehidupan Keluarga
Bagaimana kehidupan keluarga Anda di tahun 2007? Apa rencana Anda untuk keluarga Anda di tahun 2008? Apakah Anda ingin meluangkan waktu lebih banyak setiap minggu untuk orang tua, adik atau kakak? Berapa banyak? Apakah ada target khusus yang ingin dicapai dalam kehidupan keluarga Anda?

3. FITNESS – Kesehatan Pribadi
Bagaimana kondisi kesehatan Anda di tahun 2007? Seberapa sering Anda sakit? Apa rencana Anda untuk memelihara kesehatan Anda di tahun 2008? Apakah ada kebiasaan makan yang perlu diubah? Apakah Anda akan rutin ikut fitness centre atau jogging? Seberapa sering akan Anda lakukan hal tersebut?

4. FINANCE – Kondisi Keuangan
Bagaimana kondisi keuangan Anda di tahun 2007? Apakah tingkat penghasilan Anda sudah seperti yang Anda harapkan? Jika belum, apa rencana Anda untuk tahun 2008? Apakah ada pos-pos pengeluaran yang perlu diperketat untuk menghemat keuangan Anda? Apakah ada bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan untuk menambah income? Apakah Anda memiliki keahlian yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang? Mungkin Anda bisa memberikan kursus memasak pada hari libur, atau kursus musik bagi anak-anak. Atau Anda bisa membuka salon kecantikan di rumah Anda.

5. FRIENDS – Pergaulan
Bagaimana hubungan sosial Anda di tahun 2007? Apakah Anda punya banyak teman-teman baru yang memberikan kontribusi positif bagi Anda? Apakah Anda mempunyai sahabat yang dekat dengan Anda atau keluarga Anda? Apa rencana Anda untuk tahun 2008? Seberapa sering Anda akan menyediakan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda?

6. FUN – Hobby
Bagaimana dengan hobby Anda? Apakah Anda cukup fun, cukup menikmati hidup Anda, di antaranya dengan melakukan hobby Anda dengan teratur? Apakah Anda ingin memperdalam hobby Anda di waktu senggang? Apakah Anda ingin kursus masak, kursus musik, atau kursus lainnya untuk menyalurkan minat Anda?

7. FLOURISH – Sharpen The Saw
Bagaimana dengan keahlian Anda di dalam pekerjaan? Apakah Anda terus memperdalam pengetahuan di bidang pekerjaan Anda? Apakah Anda selalu sharpen the saw? Apakah Anda merencanakan mengambil kuliah tambahan atau kursus tambahan untuk memperdalam keahlian Anda di dalam pekerjaan? Anda mungkin perlu mengambil kursus komputer, kursus bahasa asing, kursus manajemen atau apapun yang tujuannya untuk “mempertajam mata gergaji Anda” sehingga “nilai” Anda sebagai aset perusahaan akan semakin tinggi.

Isilah Agenda Perencanaan Anda Sebelum Orang Lain Mengisinya !!!

Tidak ada komentar: