Senin, 28 Januari 2008

SETTING YOUR GOAL

Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak - Amsal 24:6

Apa yang menjadi mimpi Anda lima, sepuluh, atau dua puluh tahun lagi? Bagaimana cara Anda merealisasikannya? Mimpi merupakan sasaran jangka panjang yang ingin dicapai. Sasaran jangka panjang tersebut harus dibagi ke dalam sasaran-sasaran kecil jangka pendek dan menengah yang harus dilalui yang disebut goal. Jika Anda mempunyai mimpi untuk tinggal, bekerja dan melanjutkan pendidikan di Australia lima tahun lagi, maka Anda harus membuat goal dalam lima tahun tersebut, apa yang harus dicapai sebelum pindah ke Australia. Dengan sendirinya Anda harus menyiapkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, survey sekolah-sekolah yang ingin Anda masuki, biaya yang dibutuhkan, lapangan pekerjaan yang tersedia, gaya hidup dan budaya yang berlaku. Kota mana saja yang akan menjadi pilihan Anda? Bagaimana iklim dan cuacanya? Apa saja yang harus disiapkan? Mungkin salah satu goal Anda di akhir tahun 2008 adalah lancar berbahasa Inggris dengan standar score tertentu.

Bagaimana cara membuat goal yang baik? Ada lima prinsip utama yang biasa disebut SMART.

S - Specific (Spesifik)
Goal atau sasaran Anda tersebut harus cukup spesifik, cukup detil. Jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda, tetapkan dengan spesifik, berapa berat badan yang ingin Anda capai dalam tiga, empat bulan mendatang. Misalnya, pada akhir April 2008 ini salah satu goal Anda adalah memiliki berat badan kurang dari 55 kg. Kalau Anda ingin lancar berbahasa Inggris, tetapkan dengan jelas, berapa score yang ingin dicapai, misalnya angka minimal TOEFL 550 pada bulan Juni 2008.

M - Measurable (Terukur)
Goal Anda juga harus terukur. Anda harus bisa melihat dan mengukur kemajuannya. Tidak cukup Anda berkata bahwa Anda ingin hidup makmur di tahun 2008. Apa ukurannya? Ukuran kemakmuran bagi Anda mungkin berbeda dengan orang lain. Jadi, terjemahkan istilah “makmur” tersebut ke dalam besaran yang bisa diukur, misalnya Anda ingin agar pada akhir tahun 2008, Anda sudah mempunyai penghasilan sepuluh juta rupiah per bulan.

A - Achievable (Bisa Dicapai)
Selanjutnya goal Anda harus bisa dicapai, bisa dijangkau. Anda tidak bisa membuat goal yang hanya ada di angan-angan. Misalnya, Anda tidak bisa membuat goal untuk membuat rumah dan tinggal di bulan pada tahun 2008. Barangkali di masa yang akan datang hal itu bisa terjadi, tetapi untuk Anda tidak di tahun 2008.

R - Realistic (Realistis, Masuk Akal)
Goal Anda juga harus realistis. Mimpi Anda mungkin rasanya terlalu tinggi, terlalu jauh, tetapi goal Anda harus cukup realistis. Goal yang tidak tercapai karena tidak realistis akan membuat Anda patah semangat dalam mengejar mimpi Anda. Jika Anda ingin mencapai berat badan di bawah 55 kg sementara berat badan Anda saat ini hampir 100 kg, maka diperlukan tahapan-tahapan realistis yang harus Anda lalui. Anda tidak bisa menetapkan goal untuk mempunyai berat badan 55 kg dalam waktu seminggu. Hal itu tidak realistis dan bahkan akan mengganggu kesehatan Anda.

T - Time Limit (Ada Batas Waktu)
Terakhir, goal Anda juga harus ada dalam dimensi waktu. Anda harus mempunyai batas waktu untuk setiap goal Anda. Tetapkan waktu yang tepat. Jangan terlalu panjang, tapi juga jangan terlalu singkat sehingga tidak realistis.

SMART GOAL akan menjadi panduan, titik-titik perhentian yang harus Anda lalui dalam perjalanan untuk mencapai mimpi Anda. Gantungkan mimpi Anda setinggi langit, tapi buat goal – sasaran-sasaran jangka pendek dan menengah – yang specific, measurable, achievable, realistic, time limit.

To succeed you need to find something to hold on to, something to motivate you, and something to inspire you. Your dream will inspire, motivate and make you to go through uncomfortable deserts.

Tidak ada komentar: