Senin, 28 Januari 2008

Minta, Cari, Ketok

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu – Matius 7:7

Ada tiga syarat sederhana yang dikatakan Tuhan Yesus tentang doa.

1. Mintalah.
Apakah Anda pernah meminta dari Tuhan? Apakah Anda sudah pernah menyampaikan keinginan Anda dalam doa? Yakobus 4:2 mengatakan “Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa”. Jika kita tidak pernah berdoa, tidak pernah menyampaikan keinginan kita kepada Tuhan, berarti tidak ada yang perlu Tuhan lakukan bagi kita. Seorang hamba Tuhan pernah berkata, “God does some things in answer to prayer that He will not do for any other reason”. Ada hal-hal yang dilakukan Tuhan semata-mata karena ada yang memintanya dalam doa. Rasul Paulus juga berkata “nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur” (Filipi 4:6). Jika kita ingin mendapat sesuatu dari Tuhan, kita harus memulainya dengan memintanya dalam doa.

2. Carilah.
Hal kedua yang dikatakanNya adalah “Carilah!”. Apa yang perlu dicari? Matius 6:33 mengatakan “carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya”. FirmanNya adalah kebenaran (Yohanes 17:17). Carilah FirmanNya! Carilah janjiNya! Apa yang Anda inginkan? Carilah janjiNya mengenai hal tersebut. Apakah Anda ingin kesembuhan? Carilah janjiNya tentang kesembuhan. Apakah Anda ingin sukses? Carilah janjiNya tentang kesuksesan. Apakah Anda ingin keluarga Anda dipulihkan? Carilah janjiNya tentang keluarga. Apakah Anda ingin diberkati secara materi? Carilah semua janjiNya mengenai hal tersebut. Semua ada tertulis di dalam Alkitab. Dengan kata lain, lengkapi semua permohonan doa Anda dengan janjiNya, dengan FirmanNya. Yesaya 43:26 berkata “Ingatkanlah Aku, marilah kita beperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!". Dalam terjemahan Inggris Kontemporer dikatakan, “Meet Me in court! State your case and prove that you are righ!t” (Temuilah Aku di pengadilan! Nyatakan kasusmu dan buktikan bahwa engkau benar!) Ternyata, Tuhan menunggu kita untuk datang kepadaNya dan meminta dengan membawa janjiNya mengenai hal yang kita minta dalam doa. Apakah Anda sudah cukup rajin untuk mencari semua janjiNya bagi Anda?

3. Ketoklah.
Terakhir, tidak cukup kita hanya meminta, tidak cukup kita hanya mencari, tetapi kita juga harus “mengetok”. Mengetok pintu harus dilakukan berulang-ulang. Artinya, dibutuhkan ketekunan untuk memperoleh jawaban doa kita. Tidak cukup kita hanya meminta dan mencari, tetapi kita juga harus tekun. Ketekunan menunjukkan seberapa serius kita dengan keinginan kita, seberapa serius kita dengan doa kita. Ketekunan menunjukkan seberapa jauh kita percaya bahwa doa kita tidak sia-sia. Ketekunan membedakan orang-orang sukses dengan yang lainnya. Apakah Anda cukup tekun dalam berdoa?

Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu - Ibr 10:36

Tidak ada komentar: